TAklim Syar'i

TAklim Syar'i

Welcome...

Assalamuallaikum wr. wb...
Enjoy TAKLIM ONLINE Smansa ^3^

Jumat, 03 Juni 2011

Tiga Macam Doa yang Di Kabulkan

Assalamuallaikum wr.wb...

Saudara ku, lama y kita tak bersua..
Pada artikel kali ini penulis ingin mengucapkan selamat untuk teman-teman kelas 12 yang telah lulus..dan untuk teman-teman kelas 11 dan 10 semngat y untuk ujiannya. Sukses selalu,

Nah, bicara soal lulus, kalian mantan kelas 12 pasti sedang ketar-ketir nih buat cari universitas.. terutama buat mereka yang belum lolos seleksi SNMPTN jalur undangan.
Sekedar untuk info, sistem penyeleksian masuk perguruan tinggi tahun ini memang berbeda dari tahun kemarin. Dulu,seleksi penerimaan mahasiswa jalur non tes diadakan oleh setiap perguruan tinggi dengan ketentuaan yang mereka atur sendiri, setelah itu diadakan UM (Ujian Mandiri) yang aturan mainnya juga diatur oleh setiap PT yang ngadain,setelah itu baru jalur SNMPTN yang dilaksanakan serentak secara nasional dan di atur oleh pemerintah. Nmaun tahun ini, pemerintah terlihat lebih dominan. Baik SNMPTN jalur tes maupun non tes, semua di seleksi secara nasional oleh pusat,dan UM sebagai seleksi terakhir yang di selenggarakan oleh PT.

KEmarin tanggal 1 juni, ujian SNMPTN telah selesai di selenggarakan. Sebagian besar peserta pasti berharap untuk dapat lolos di pilihan pertama. Namun apakah harapan ini sudahkita lakukan dengan semestinya??

Jika kita lihat jauh sebelun SNMPTN, kita giat sekali belajar, ikut les setiap hari, sholat Duha, Tahajud, puasa senin kamis, dan melakukan hal-hal baik dengan sangat baik. Namun setelah tes??

Memang terkadang rasanya lega sekali setelah ikut tes, senang, bebas, dan rasanya ingin bersantai. Tapi kita seringkali kebablas, kita jadi merasa nyman dengan "santai" ini, hingga kita lupa bahwa kita masih harus berharap. Harapan yang harus di sertai dengan Doa dan ibadah,. Mungkin ada yang berfikir,"kita kan udah tes, y tinggal pasrah aja.."namun kadang kepasrahan ini tidak berjalan dengan semestinya, bentuk pasrah ini seharusnya dilakukan dengan jalan berdoa dan beribadah kepada ALLAH SWT,Dia lah yang Maha Menentukan segalanya. Saya pernah mendengar nasihat dari bu Ismatin,yang intinya bukan kah tidak sopan jika kita hanya terus meminta tanpa membuat senang Sang Pemberi..,nah karena itu pasrah dan harapn yang kita gantungkan harus disertai dengan ibadah dan doa yang berkelanjutan.

Lalu apa kah 3 macam doa yang pasti akan di kabulkan?? sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW:

"Tsalaatsu da'awaatin mustajaabaatun laa syakka fiihinna, da'watul madluumi, da'watul musaafiri, wa da'watul waalidi 'alaa waladihi."

artinya: " Tiga macam do'a yang tidak dapat diragukan pasti dikabulkan: do'a orang yang teraniaya, do'a orang yang sedang berpergian, dan do'a orang tua terhadap anaknya."(HR> Abu Dawud, Turmudzi)

Selain itu ada juga hadist lain yang berbunyi,

" Laa yuroddud du'aau bainal aadzaani wal iqaamah"

artinya :" Do'a yang di baca diantara adzan dan iqamah tidak akan di tolak"(HR> Abu Dawud,Nasa'i,Turmudzy)

Itulah beberapa hadist tentang berdoa, semoga dapat bermanfaat..


( kritik dan saran yang membangun akan sangat kami butuhkan dalam proses pembelajaran kami, karna itu kalo biasa comment yaa..^^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar