TAklim Syar'i

TAklim Syar'i

Welcome...

Assalamuallaikum wr. wb...
Enjoy TAKLIM ONLINE Smansa ^3^

Minggu, 12 Juni 2011

Referensi Buku : '' AISYAH YANG CERDAS DAN YANG DICINTA ''


Dialah wanita pecinta kebenaran, putri seorang lelaki pecinta kebenaran, istri kesayangan Rasulullah SAW, dan seorang yang namanya dibersihkan dari tuduhan dusta langsung dari langit.(Tabi'in terkenal: Masruq bin Al-Ajda')

" Aku tidak mengetahui seorang pun yanglebih memahami sunnah-sunnah Rasulullah SAW, yang lebih memahami pendapat yang dibutuhkan, yang lebih mengerti tentang asbabun nuzul suatu ayat, juga kewajiban-kewajiban, selain 'Aisyah!"
( Abu Salamah bin 'Abdur Rahman)

Siapa yang tak kenal tokoh agung ini?? dan siapa yang tak pernah mendengar keharuman namanya??kekasih Rasulullah SAW yang paling belau sayangi, wanita tercerdas dalam islam dan dibersihkan namanya dari atas langit ketujuh. Dirumah kejujuran dan keimanan ia lahir. Di dalam dekapan kedua orang tua mulia yang merupakan sahabat terbaik Rasulullah SAW ia tumbuh, dan di atas keutamaan-keutamaan agama yang agung dan ajaran - ajarannya yang lapang ia berkembang. Dialah 'Aisyah Ash-Shiddiqah putri Ash-Shiddiq ra( Abu Bakar ra.

Buku yang ditulis oleh Ahmad Ibnu Salim Baduwilan ini sangat berisi tentang seluk beluk dan kehidupan Ibunda kita 'Aisyah ra, buku ini mengupas bagaimana kehidupan Aisyah saat beliau kecil hingga saat di lamar oleh Rasulullah SAW, dan bagaimana Rasulullah akhirnya memilih 'Aisyah- yang saat itu masih sangat belia- menjadi istrinya.

Selain itu banyak pula keutamaan dan keistimewaan 'Aisyah yang di seritakan dalam buku ini, seperti bahwa Allah SWT lah yang meminta Rasulullah untuk menikahi 'Aisyah lewat mimpi beliau, dalam mimpinya Rasul melihat Malaikat mendatangi beliau dengan membawa gambar 'Aisyah dalam balutan secarik kain sutera putih sebanyak dua atau tiga kali sembari berkata kepada beliau: "Ini adalah istrimu!" Maka Nabi SAW pun menikahinya atas dasar perintah dari Allah SWT.
keutamaan Aisyah yang lain adalah bahwa Rasulullah SAW menyatakan bahwa dirinya ( 'Aisyah) lebih mulia dibanding wanita sejagad, seperti diriwayatkan oleh Anas ra, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda:
"keutamaan 'Aisyah ra atas seluruh wanita seperti keutamaan bubur tabur roti atas seluruh jenis makanan."

selain itu dalah hadist lain disebutkan :
" Banyak kaum laki-laki yang sempurna, namun tidak ada yang sempurna dari kaum perempuan, kecuali hanya Maryam binti 'Imran dan Asiyah istri Fir'aun, dan keutamaan 'Aisyah ra atas seluruh wanita seperti keutamaan bubur tabur roti atas makanan (biasa)."
dan masih banyak lagi keutamaan 'Aisyah yang dikuas dalam buku ini.
Selain itu buku ini juga mengungkapkan sifat-sifat Ibunda Tercinta 'Aisyah ra, diantaranya ke zuhud-an nya dalam hidup,suka berinfaq di jalan Allah, Ahli ibadah dan ketaatan, dan Aktif berpatrisipasi dalam Jihad.
Di ceritakan juga bagaimana kecemburuan 'Aisyah terhadap suaminya, Manusia ynag paling Agung tak lain dan tak bukan kecemburuan terhadap Rasulullah SAW.

Ada juga ulasan mengenai Keilmuan dan kecerdasan 'Aisyah yang sangat terkenal bahkan dikalangan Ahli fiqih. Konon, jika para sahabat mengalami masalah yang pelik dan tak mampu mengatasinya, mereka akan merujuk kepada 'Aisyah ra, lalu ia pun akan memberitahukan kepada mereka hukum dan khabar Arulullah SAW mengenai masalah tersebut. Karena itu, Adz-Dzahabi rahimahullaah menyatakan bahwa 'Aisyah ra merupakan wanita umat ini yang paling pintar ( menguasai fiqih). Bahkan AZ-Zuhri beranggapan : " Jikalau ilmu 'Aisyah ra digabungkan dengan ilmu seluruh istri Nabi SAW plus ilmuseluruh wanita, niscaya ilmu 'Aisyah ra akan lebih unggul."

Selain itu di ulas juga mengenai isu perselingkuhan 'Aisyah ra dan Allah SWT lah yang telah membersihkan namanya.

Dan masih banyak lagi ulasan-ulasan menarik tentang Ibunda kita ini.
Semua ini patut kita jadikan teladah dalam kehidupan kita.

Bahasanya yang bersifat menjelaskan ta[i tidak menggurui ini serta banyak mengandung Tarikh dan nasihat ini cocok untuk kamu-kamu semua dari kalangan remaja hingga ibu-ibu, bahkan untuk kaum ikhwan pun cocok untuk di baca karena sudut pandang yang diambil adalah sudut pandang umum dan diperlihatkan dari berbagai aspek.

Karna itu ayo.. untuk mengisi libur panjang ini pada berburu buku buku yang inspiratif seperti ini, Kalian juga bisa cari buku lain yang sejenis seperti tentang Fatimatuzzahra putri yangsangat disayangi Rasulullah SAW, dll. Atau bisa juga cari di Internet.
Buat yang suka mbaca komik ato novel, ngga ada salahnya kan tambah koleksi baca kamu dengan buku-buku semacam ini, ayo kita seimbangkan antara hiburan dan ilmu yang kita dapat.

Ayo budayakan membaca..!!^^

( seperti biasa, krikit dan saran temen2 akan sangat membantu untuk proses pembelajaran kami dalam mengelola blog ini, ayo pada comment...^^v)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar